Terkini Bisnis: Daftar Vaksinasi via Pedulilindungi, Tekan Kasus Covid-19

TEMPO.CO, Jakarta -Berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang Jumat pagi hingga siang, 6 Agustus 2021 dimulai dengan pendaftaran vaksin covid-19 untuk masyarakat umum dapat dilakukan secara daring melalui laman atau aplikasi PeduliLindungi. Pemerintah menetapkan vaksinasi sebagai salah satu syarat kegiatan masyarakat di tengah pandemi.

Kemudian informasi tentang Bank Maybank yang mengajukan permohonan pailit terhadap PT Pan Brothers Tbk. Selain itu berita target Pemerintah untuk menekan angka kasus aktif Covid-19 hingga kurang dari 200 ribu pada kuartal IV. Sambil berharap agar perekonomian dapat didorong ke arah positif kembali. Berikut adalah ringkasan dari ketiga berita tersebut:

1. Pendaftaran Vaksin Covid-19 Gratis untuk Umum via Pedulilindungi, Begini Caranya

Tak sedikit masyarakat yang mencari tahu bagaimana melakukan pendaftaran vaksin Covid-19. Hal ini terjadi usai pemerintah menetapkan vaksinasi sebagai salah satu syarat kegiatan masyarakat di tengah pandemi.

“Sebelum kegiatan publik dibuka, masyarakat harus menerima vaksin Covid-19 terlebih dahulu,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam video yang diunggah ke akun YouTube Pemerintah DKI Jakarta pada Sabtu, 31 Juli 2021.

Adapun usaha pangkas rambut diperbolehkan beroperasi, namun, baik pemangkas maupun pelanggannya harus menerima vaksin terlebih dahulu. Hal serupa juga berlaku untuk tempat usaha mulai dari warung makan, restoran, mall, serta kegiatan keagamaan.

Pendaftaran vaksin covid-19 untuk masyarakat umum dapat dilakukan secara daring melalui laman atau aplikasi PeduliLindungi. Seperti yang diketahui, pemerintah mengatakan vaksinasi sebagai salah satu syarat untuk kegiatan masyarakat.

Baca berita selengkapnya di sini.

123 Selanjutnya

2. Bank Maybank Gugat Pailit Pan Brothers ke Pengadilan

PT Pan Brothers Tbk. kembali mendapat gugatan dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk. Bank Maybank kali ini mengajukan permohonan kepailitan terhadap emiten tekstil berkode saham PBRX itu.

Dalam keterbukaan informasi Pan Brothers yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia per Kamis, 5 Agustus 2021, disampaikan bahwa sudah ada pemberitahuan dari Pengadilan Niaga Jakarta Pusat bahwa Bank Maybank telah mengajukan permohonan pailit terhadap perseroan.

Proses kepailitan diatur oleh Undang-Undang No. 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang atau UU Kepailitan Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Pan Brothers ingin meyakinkan semua pihak bahwa perseroan akan melakukan segala daya untuk menantang dan menyelesaikan Permohonan Kepailitan ini untuk membela hak-hak semua pemangku kepentingan kami.

“Termasuk sebagian besar kreditur kami yang telah mendukung kami selama proses restrukturisasi,” tulis manajemen Pan Brothers, Kamis, 5 Agustus 2021.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 123 Selanjutnya

3. Pemerintah Targetkan Kasus Covid-19 Ditekan di Bawah 200 Ribu di Kuartal IV

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan angka kasus aktif Covid-19 bisa ditekan hingga kurang dari 200 ribu pada kuartal IV.

“Pemerintah menargetkan kasus aktif ini bisa ditekan di bawah 200 ribu. Diharapkan bisa saat memasuki kuartal IV sehingga dengan positivity rate turun, kasus aktif turun. Kita masih berharap bahwa perekonomian bisa digenjot ke arah positif kembali,” ujar Airlangga dalam konferensi pers yang ditayangkan secara virtual, Kamis, 5 Agustus 2021.

Untuk mencapai target penurunan angka kasus corona yang signifikan, Airlangga mengatakan perlu kedisiplinan masyarakat. Selain itu, pemerintah juga sedang berupaya mempercepat kegiatan vaksinasi hingga menjangkau 73 juta dosis. Sedangkan pemerintah di sektor hilir diminta untuk terus meningkatkan kapasitas rumah sakit, ketersediaan obat-obatan, dan tenaga kesehatan.

Ia mengakui masuknya varian delta bakal berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi kuartal III. Pengaruh tersebut muncul karena pemerintah membatasi kegiatan masyarakat, seperti PPKM Darurat dan Level 4.

Baca berita selengkapnya di sini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.