Mata Kering Bisa Membuat Kornea Mata Rusak, Kenali Gejalanya

Mata kering merupakan gangguan paling umum terjadi pada manusia. Gangguan ini terjadi saat mata tidak menghasilkan cukup air mata atau ketika air mata yang dihasilkan berkualitas rendah. Lalu, bagaimana mata bekerja sampai menghasilkan air mata?

Air mata adalah gabungan dari beberapa komponen dari air, minyak, lendir serta antibodi dan protein khusus. Fungsinya adalah air untuk melembabkan, minyak untuk pelumasan serta mencegah penguapan cairan air mata, lendir untuk meratakan air mata pada permukaan mata, dan antibodi dan protein khusus untuk ketahanan terhadap infeksi.

Pengalaman Gejala Mata Kering yang Bikin Drama

Karena sering sekali mengalami mata kering, akhirnya saya mencari informasi yang berkaitan dengan masalah kesehatan mata ini. Berdasarkan informasi yang saya ketahui, mata kering membuat mata terasa tidak nyaman dan itu memang benar adanya.

Dalam beberapa kasus bisa menyebabkan masalah penglihatan. Bahkan, yang parah dan tidak bisa segera diobati dapat merusak kornea. Kornea merupakan lapisan luar yang bening di bagian depan mata.

Kornea membantu mata memfokuskan cahaya, supaya bisa melihat dengan jelas. Namun, sama dengan bagian mata lainnya, ada berbagai kondisi yang mempengaruhi kornea seperti mata kering. Hal ini bisa membuat penglihatan kabur serta sensitif terhadap cahaya. Agar lebih jelas, berikut  gejalanya:

  • Mata sepet
  • Mata pegel
  • Mata perih
  • Gatal seperti ada sesuatu di mata
  • Terasa menyengat atau terbakar di mata
  • Mata merah
  • Kepekaan terhadap cahaya
  • Penglihatan kabur

Selain gejala tersebut, mata kering bisa tiba-tiba mengeluarkan air mata berlebih. Walaupun membingungkan, hal ini adalah tanda mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup. Maka, mata mengirimkan sinyal bahaya melalui sistem saraf untuk pelumasan lebih.

Namun, kualitas air mata yang keluar tidak mempunyai kualitas pelumas atau sama seperti air mata biasa. Air mata ini memang bisa membersihkan kotoran dari mata, namun tidak akan melapisi permukaan mata dengan benar

Mata kering bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata yang memproduksi sedikit cairan. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan mata kering bisa terjadi, salah satunya yaitu berasal dari lingkungan.

Mata sendiri membutuhkan lapisan air mata sebagai pelicin sekaligus pemberi kelembapan supaya penglihatan tetap optimal. Jika kualitas air mata berkurang maka dapat beresiko menimbulkan iritasi dan peradangan pada jaringan anterior.

Insto Dry Eyes sebagai Solusi Mata Kering

Sebelum mata kering merusak kornea mata, sebaiknya segera atasi dengan Insto Dry Eyes. Perlu diketahui bahwa Insto Dry Eyes mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose dan Benzalkonium Chloride. Kedua zat aktif ini bisa mencegah dan mengatasi mata kering dengan memberi efek pelumas pada mata.

Mata kering ini memang membutuhkan pelumas supaya tetap terjaga kondisi mata sehatnya. Efek pelumas ini seperti air mata yang bisa meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.

Umumnya terjadi pada penderita rheumatoid, arthritis, keratoconjunctivitis dan xeropthalmia. Para pengguna mata palsu juga bisa menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes ini. Saya sendiri sudah lama menggunakan #InstoDryEyes sebagai #SolusiMataKering yang sering saya alami.

Setelah meneteskan di kedua mata saya, maka mata terasa sejuk dan tidak terasa kering lagi. Rasa mengganjal langsung hilang sehingga saya bisa melakukan segala aktivitas terutama saat harus menatap layar komputer lama-lama. Dengan Insto Dry Eyes, saya tidak khawatir lagi mengenai mata kering yang bisa membuat kornea mata rusak.

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *