Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Merenovasi Dapur

Jika pada zaman dulu dapur memiliki kesan hitam, kotor dan lengket, saat ini sudah tidak lagi. Seiring perkembangan zaman, dapur menjelma menjadi ruang yang estetik.  Tentu kondisi dapur menjadi perhatian Anda terutama bagi yang hobi memasak. Dalam proses merenovasi dapur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lho. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Renovasi Dapur

Ada berbagai inspirasi desain dan tema yang bisa diterapkan pada dapur Anda, mulai dari shabby chic, simple brown dan lainnya. Namun sebelum memiliki tampilan dapur impian dengan merombaknya, Anda patut memperhatikan hal-hal berikut! 

  • Perhatikan Ini Sebelum Membuat Kitchen Set

Kitchen set menjadi item yang sudah banyak dimiliki masyarakat. Kitchen set menjadi salah satu rahasia ruang dapur minimalis dan tertata rapi, clean dan lebih sedap dipandang mata.  Sebelum membuat kitchen set, catat terlebih dahulu perabot apa saja yang Anda miliki serta variasi bentuk dan ukurannya. Jangan sampai kitchen set sudah jadi tetapi ada perabot dapur yang justru tidak bisa masuk karena ukurannya kurang pas. 

Mengetahui apa saja barang yang dimiliki sebelum membuat kitchen set bisa sekalian membuat storage sesuai kebutuhan. Jika sudah, Anda bisa melanjutkan dengan memilih besar serta model kitchen set yang diinginkan. Tentu hal ini disesuaikan dengan luas dapur serta kondisi terkininya. 

  • Kesesuaian Interior Dapur secara Keseluruhan

Tema yang dipakai harus memiliki keserasian dengan interior yang dipakai. Tak kalah penting, tentukan letak dapur dengan baik untuk menjamin keamanan dan kenyamanan dengan ruangan lainnya. 

Penting juga untuk menentukan sejak awal apakah area tersebut akan dipakai sebagai dapur bersih atau dapur kotor. Apakah meja yang ada akan digunakan hanya sebagai tempat meletakkan hasil masakan atau dipakai untuk menyantap hidangan. 

  • Perhatikan Posisi Jendela

Pencahayaan bisa menggunakan sumber cahaya alami dan buatan. Sumber cahaya alami bisa didapat lewat jendela yang dipasang di dapur. Selain bisa dipakai sebagai penerangan di siang hari, keberadaan jendela tersebut bisa menjaga sirkulasi udara tetap lancar sehingga ruangan dapur tidak pengap karena uap masakan. 

Jika tidak memungkinkan memasang jendela, Anda perlu menambahkan cooker hood untuk mengganti fungsi jendela dalam mengeluarkan uap panas. Selain itu, perhatikan pula kebebasan bergerak agar aktivitas memasak berjalan lancar. Hal ini juga berkaitan dengan penataan perabot dapur Anda. 

  • Pastikan Proses Memasak Bisa Berjalan Lancar

Memasak merupakan proses yang terjadi secara berturutan, mulai dari menyiapkan bahan makanan, mencucinya, memotong hingga siap masak dan siap santap. Setiap proses membutuhkan tempat yang berbeda agar berjalan lancar dan tidak simpang siur. 

Misalnya, saat mencuci sayur tentu Anda membutuhkan kemudahan akses air serta tempat penirisan untuk menghindari ceceran air. Ingat, selain dipakai mencuci bahan makanan, area sink juga akan digunakan untuk mencuci perabot dapur.

  • Hitung Biaya yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui desain yang akan dipakai, bagian penting yang tidak boleh dilupakan ialah biaya yang Anda perlukan untuk menghias dapur. Biaya-biaya tersebut meliputi pembelian material bangunan yang dibutuhkan, biaya tukang, biaya jasa arsitektur dan sebagainya. 

Semakin rumit desain yang Anda inginkan, biasanya semakin lama pula waktu pengerjaan yang dibutuhkan. Hal ini menjadi pertimbangan karena berpengaruh terhadap biaya yang perlu disiapkan. 

Dalam merenovasi dapur, Anda bisa mengandalkan semen SCG. Semen SCG PCC dibuat dengan teknologi yang ramah lingkungan serta memiliki daya rekat kuat dan rendah penyusutan.  Selain itu, semen dapat mengering tepat waktu sehingga menghemat biaya. Kunjungi https://scgcbm.id/ untuk mendapat informasi mengenai beragam produk dari SCG. 

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *